TIPS SEDERHANA MEREDAKAN NYERI MIGRAIN

Definisi paling awam dari migren adalah sakit kepala sebelah. Ada rasa
berdenyut-denyut di sekitar pelipis, dahi, atau mata. Rasa nyeri ini
kemudian mempengaruhi kondisi tubuh yang lain, seperti mual, wajah menjadi
sembab, penglihatan kabur, tangan dan kaki terasa dingin. Meski sebenarnya
sakit kepala tidak selalu berarti migrain. Tak jarang sakit kepala sebelah
merupakan gejala dari penyakit atau kelainan. Misal: radang sinus, sakit
gigi, atau bahkan sakit lambung. Mereka yang menggunakan kacamata biasanya
terserang sakit kepala sebelah bila sudah tiba saatnya mengganti kacamata.

Penyebab migrain belum diketahui secara persis. Namun catatan kedokteran
menunjukkan bahwa migrain dapat diderita oleh semua usia. Wanita lebih
sering terkena migrain dibanding pria. Dan, separuh kasus migrain mempunyai
riwayat keluarga migrain.

Migrain biasanya menyerang di waktu pagi hari. Padahal jam-jam tersebut
adalah jam-jam produktif kita bekerja. Tentu migrain sangat menganggu
produktivitas. Bukan hanya karena rasa nyeri yang sangat kuat itu membuat
tak bisa bekerja dengan baik, penderita biasanya mengalami gangguan emosi.
Misal, menjadi gelisah, mudah marah, depresi. Oleh karena itu langkah
terbaik untuk menangani penderitaan akibat migrain ini adalah berkonsultasi
dengan dokter dan mendapatkan obat yang tepat. Namun demikian, tetap ada
beberapa tips sederhana untuk meredakan nyeri migrain ini.

1–Beristirahatlah.

Penderita migrain biasanya peka terhadap cahaya. Oleh karena itu untuk
meredakan rasa nyeri ini, penderita disarankan untuk beristirahat di tempat
yang gelap dan tenang. Jauhilah sumber-sumber keramaian dan tempat bercahaya
terang. Tenangkan diri dengan sebaik-baiknya dan cobalah untuk tidur.

2–Kompres kepala dengan es/air dingin.

Coba redakan rasa nyeri itu dengan mengompres bagian yang sakit dengan es
atau air dingin. Dingin bisa membantu menyempitkan pembuluh darah.

3–Jauhi sumber-sumber penyebab migrain.

Ada beberapa zat yanng dapat memicu migrain, seperti caffein, alkohol. Jika
migrain disebabkan oleh alergi, jauhi sumber alergi, misal, coklat, susu,
keju, dan monosodium glutamat (MSG) dalam vetsin. Kurangi minum kopi atau
teh. Adakalanya sedikit cafein/kopi dapat meredakan migrain. Namun lebih
dari secangkir kopi akan menambah rasa nyeri migrain. Selain itu, jauhi juga
cologne dan bau-bauan yang menyengat karena dapat memperparah migrain.

4–Hangatkan bagian leher.

Berikan kerileksan pada leher. Leher biasanya adalah bagian tubuh yang
bekerja berat menopang kepala. Kelelahan pada leher dapat memicu rasa sakit
kepala. Saat beristirahat, coba hangatkan leher anda. Atau, beri sedikit
pijatan lembut.

5–Minum obat pereda sakit.

Ada banyak obat pereda sakit berupa analgesik dan antipiretik. Aspirin
biasanya menjadi pilihan banyak orang. Namun, jangan sembarang minum obat.
Yang terbaik adalah obat yang dianjurkan oleh dokter anda.

liat disini

Advertisements
  1. nice info,
    saya juga dulu suka migrain,
    tapi sekarang dah ngga terlalu sering,
    entah mengapa,
    kalo saya ngerasanya siy, banyakin positif thinking aja,
    hidup lebih teratur, itu aja… 🙂

    • layanglayang
    • August 18th, 2008

    makasih pak atas sarannya, sedang berusaha dan belajar untuk selalu positif thinking, tapi untuk hidup lebih teratur sedikit susah, karna susah tidur juga, jadi kalo tidur selalu lewat tengah malam. 😀 mungkin itu salah satu sebabnya (loh kok jadi curhat?!?) :-/

  2. Salam kenal (balik… kunjungan balasan nih… hehehe…)

    aQ juga udah kira2 6 taun divonis migrain sama dokter… awalnya sih karena ada penyempitan pembuluh darah olah gumpalan dari di pembuluh darah otak… tapi terus udah ilang semenjak 3 taun lalu… tapi ampe sekarang, kalo sedang mangalami perpaduan antara capek banget dan stress abis sering kambuh2an lagi… kata dokter sih, itu masih terhitung normal… cuman emang ganggu banget… apa lagi kalo emang lagi banyak kerjaan…

    Tidur larut malam emang bisa jadi pengaruh juga buat migrainnya itu… aQ juga suka gitu soalnya kalo abis begadang… (kalo jaman SMA dulu karna nonton bola… kalo sekarang karna nonton film.. hehehe)

    jadi, seperti kata Bung Rhoma… “Bagadang jangan begadang… kalau ga mau migrainya kumat…” hwehehehe…. ^_^v

    terima kasih atas kunjugan balasannya…
    bisa ilang nya begimana miss?? coz udah lama ga migrain, tapi sekarang tiba2 suka migrain lagi, padahal lagi liburan semester, jadi lagi ga banyak mikir. tapi memang, sekarang jadi lebih sering tidur telat juga, hehe… mungkin itu salah satu sebabnya 😀

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Advertisements
%d bloggers like this: