Story diving @pulau pramuka

Sabtu pagi jam 03.30

Siap2 berangkat ke daerah pasar minggu, untuk kumpul sebelum jalan ke pulau pramuka kepulauan seribu. Sampai di pasar minggu nunggu sebentar sebelum dianter bus ke muara angke untuk naik kapal ke sana. Walaupun tadi malam cuma sempet tidur selama 1 jam, tapi alhamdulillah karna semangat untuk diving jadi kantuk pun ga begitu terasa πŸ™‚ Sampe muara angke, lagi2 harus nunggu karna pihak panitia harus mindahin peralatan diving yang banyak + berat itu ke kapal, jadi butuh waktu yang cukup lama. Setelah selesai semua, akhirnya peserta naik ke kapal. selama perjalanan cuma bisa menyesalkan sama baterei kamera yang low bat 😦 padahal view-nya keren banget suasana pagi di pinggir laut, dah gitu sinar matahari pagi yang bersinar malu2, wii.. subhanallah.. rasanya sulit untuk dilupain, tapi tetap aja ga bisa di abadikan 😦

Sampai di pulau Pramuka sekitar pukul 09.00 sampe sana langsung siap2 untuk terjun ke laut untuk diving. walaupun dibilang langsung siap2 tapi ternyata ga bisa langsung terjun ke dalam laut dan baru terjun ke laut ba’da dzuhur. Tapi walaupun harus nunggu lama n sedikit ribet, tapi alhamdulillah ada temen yang nemenin, anak2 dari temen panitia. mereka lucu2 n anaknya cepet akrab, beda banget sama saya yang harus butuh waktu lama untuk bisa deket sama orang lain πŸ™‚ jadi menunggu pun ga jadi masalah karna ada mereka.

)

afi, arin dan atika (belum bangun) πŸ™‚

hari pertama diving jam 13.00

haduh.. sulit untuk dilukiskan.. bis bener2 Subhanallah.. Alhamdulillah.. AllahuAkbar.. ga bisa berenti untuk dzikir inget Allah, didalam sana, walaupun mungkin memang tidak seindah di Bunaken, tapi ini merupakan pengalaman pertama saya diving, jadi ini merupakan laut terindah yang pernah saya liat, untuk pertama kali, pertama kali masuk air laut sebenernya udah ga sabar deg-degan, pengen langsung tenggelam aja, tapi ternyata kesalahan itu terjadi lagi, yup.. sama kaya kemarin2 latihan, susah untuk tenggelam karna pemberat yang dipake kurang, waktu itu cuma pake 2 pemberat, walhasil baru bisa tenggelam setelah di tenggelemin sama buddy-nya.. πŸ˜€Β  belum harus pake rompi yang udah ada tabung oksigennya yang lumayan berat pas di darat πŸ˜€ FYI:oya lupa.. kalo lagi diving itu, ga boleh sendiri, harus ada temennya dan temen diving itu namanya buddy. kenapa ga boleh sendiri, yah.. biar ada yang mengontrol kita, biar ga lupa diri. :)Β  kebetulan buddy saya, pelatih waktu latihan di kolam renang, jadi sedikit tenang, walaupun ada banyak gangguan sama buddy itu πŸ˜₯

walaupun udah sering latihan, tapi ternyata air laut dan air di kolam renang itu beda jauh, ya..iyalah.. :mrgreen:Β  walhasil harus adaptasi lagi, dan itu agak susah karna harus pegang alat/kabel untuk bisa kita tenggelam dan harus pencet hidung biar kuping kita ga masalah kalo ga salah namanya ekualisasi, jadi setiap kita turun ke dasar laut, trus ngerasain kuping udah berdenging, pencet hidung sambil buang nafas, biar gendang telinga ga sakit sama nanti kalo naik ke permukaan terjadi pendarahan. Saya, walaupun udah ngelakuin kaya gitu, tetep aja masih suka berdarah juga ne hidung :mrgreen:

Dibawah laut kedalaman 20 meter.. Subhanallah.. rasanya sunyi, syahdu, khusyuk, takut. rasanya semua masalah hilang gitu aja. Belum lagi ngeliat makhluk Allah yang ada disana, sulit untuk di ucapkan dengan kata2, rasanya diri ini ga ada apa2, cuma bisa istighfar. nginget dosa yang udah di lakuin jadi takut. yang ternyata dasar laut tempat yang enak untuk muhasabah, untuk instropeksi diri, untuk inget mati. πŸ˜€ inget bagaimana kalo udara di tabung oksigen habis, trus buddy lani ga ada, ga ada yang bisa bantuin. 😦

Oya.. ada sesuatu yang bikin saya seneng banget, niat pertama diving itu ingin bertafakur dengan ciptaan Allah yang ada di laut setelah itu pengen ketemu sama nemo, masih pada inget ga film kartun yang dulu banget, judulnya finding nemo. yah.. lan salah satu penggemar berat nemo, dan…. saudara2.. subhanallah.. Alhamdulillah ketemu sama nemo.. ketemu sama bapaknya nemo… (maaf nama bapaknya nemo lupa?!? :mrgreen: ) oya.. udah pada tau kan kalo nemo itu sejenis ikan clown fisk.. ikan orange, garis2 putih. subhanallah.. pas nyelem hari pertama ini ga berani untuk pegang2 rumah mereka (annemon) karna masih takut ganggu mereka yang lagi main. 😳 *ngarang abis* pas pertama kali ngeliat rasanya pengen langsung lari untuk mendekat, pengen ngeliat mereka ngapain aja, yah.. akhirnya cuma bisa diem ngeliatin mereka aja. jadi malu sendiri, coz pas di dalam air itu, saya udah kaya anak kecil yang nemuin mainan baru, ga bisa berenti ngeliatin ikan2 yang pada hilir mudik kesana kemari πŸ˜† , bawaan pengen ngeliatin aja, sampe ditarik2 sama buddy-nya karna kelamaan diem aj. πŸ˜€

Yang lucu di hari kedua. Pagi2 setelah sarapan kita udah siap2 untuk nyelem lagi, tapi sekarang beda, karna ada misi lain dalam penyelaman kali ini *taelah..* kali ini kita harus diving sendiri tanpa buddy, coz harus ambil brevet (pin bintang 1) yah.. setidaknya ada hasil dari diving itu, selain dapat sertifikat dapat pin juga. tapi pagi itu.. ternyata ada yang nemenin kita diving.. yaitu Ubur-ubur yang jumlahnya ribuan, dah gitu kecil2 lagi, pertamanya ragu2 mo nyelem, tapi setelah ngeliat yang lain bisa, akhirnya.. Bismillah dicoba.. dan alhamdulillah.. dapat. yah.. walaupun harus saya akui, itu juga dibantuin, karna tetep aja ga bisa tenggelam karna kurang berat, jadi harus di tenggelemin sama pelatih yang mantau :mrgreen: dah gitu pas berhasil dapat tuh pin.. harus ngerasain asinnya air laut, coz rada2 panik pas naik jadi ketelen deh airnya 😦 mo tau rasanya air laut.. asin.. ga enak gitu.. 😎 *siap2 ditimpuk.. πŸ˜€ *

setelah dapat brevet (pin) istirahat sebentar sambil ngeliat yang lain. ngeliatin pelatih2 nya juga. πŸ˜€ trus ada kesempatan untuk snorkle (berenang diatas permukaan, ga pake alat lengkap) yah.. walaupun harus beradu sama ribuan ubur2 itu, tapi lama-kelamaan jadi biasa, coz kalo dicolek ubur2, rasanya tuch pedih dah gitu rada gatel, tapi ga boleh digaruk, karna kalo digaruk, nanti racun ubur2 itu masuk ke kulit n tambah parah (kata pelatihnya). walaupun diatas permukaan ga sampe ke bawah, tapi pemandangannya subhanallah, bagus.. indah.. ada banyak ikan, trus ada bulu babi juga, nah.. kalo bulu babi itu ga boleh di pegang, karna ada racunnya. walaupun mereka beracun, tapi subhanallah mereka lucu, kenapa.. karna punya 3 titik yang katanya itu mulut n mata mereka, kalo mulut mereka warna biru, trus matanya warna putih.. πŸ˜€ Subhanallah..

Balik lagi ke penyelaman yang kedua, yang cuma berdua ditemenin sama buddy *ini loch mba ina yang lani maksud 😦 * sebenernya ini cerita rada2 menyedihkan untuk saya, tapi saya coba untuk ngelupain.. dan coba untuk mengingat yang indah.. yah.. yang indah.. alhamdulillah akhirnya bisa megang annemon, rumahnya si nemo dan bapaknya, tapi sayang nemonya pemalu jadi ga bisa kepegang. dah gitu rumah nemo cuma itu aja, satu2nya yang lain ga ada. mereka sendirian eh berdua dink, sama bapaknya. bapaknya besar.. sedangkan si nemo sedikit kecil, pas pegang annemonnya ternyata ga kesetrum, coz kan kalo si nemo yang didalam situ, ada sedikit rasa nyetrum..

maaf.. gambar hasil download..

maaf.. gambar hasil download..

trus pegang tumbuhan laut yang kaya rumput, tapi pas dipegang mereka kaya mencengkram, kaya nangkep jari kita, gitu.. pas dilepasin.. masih ada sisa2 kaya ranting2 kayu. Subhanallah..

ada juga ikan kecil garis biru, yang kalo ga salah nama ikannya itu dokter ikan, karna dia yang nyembuhin or makan bakteri2 yang ada di ikan besar. trus ada juga ikan yang kaya kecebong.. mereka bergerombol.. Subhnallah.. rasanya merinding.. πŸ™‚

Walaupun ga sepenuhnya liburan kali ini menyenangkan, karna ada hal2 yang mengecewakan dan hari seninnya masih ada uts. tapi tetap ini pengalaman yang sulit untuk dilupain.. pengalaman indah. rasanya pengen lagi untuk diving.. πŸ˜€

*maaf kalo ceritanya sedikit berlibet dan kadang ga jelas..*

gambar bisa diliat disini.

Advertisements
    • ILYAS ASIA
    • November 13th, 2008

    segarnya anugerah Ilahi

    bener2 seger mas.. apalagi air laut yang asin itu :mrgreen:

  1. absen aja dulu, bacanya nanti, baru nyampe kantor neh :mrgreen:

    okey.. pak nAs udah saya absen.. besok2 jangan telat masuk kantor ya pak :mrgreen:

  2. nelen berap0a banyak air lautnya lan?
    nda takut ma ubur2na?khan 9atel tuch..

    tapi selamat dech akhirna dapet pin ju9aa…:)

    seruu yakhh..

    sseeerrrruuuuu banget mba.. pengen laggggiiiii….. πŸ˜€
    waduh.. nelen berapa liter yach?!?banyak mba..!! :mrgreen:
    hehehe… lani kan udah kenalan sama ubur2 itu, jadi walaupun mereka nempel, udah ga kaget.. πŸ˜€
    makasih mba.. oya.. gambar pin-nya belum lani post.. nanti dech..

  3. :((

    mauuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu

    maaaaauuuuuuuuu laaagggiiiii…
    sorry bay.. πŸ˜›

  4. bisa mau lagi tapi tagnya tulisannya nyebelin?

  5. @bayu:
    biarin..
    yang nyebelinnya dilupain..
    yang bagus yang di coba lagi.
    inget yang bagusnya aja. πŸ˜€

    tapi.. biarpun nyebelin.. tetap ga mau untuk ngelupain diving..
    jadi.. teteeeppp..

    mmmaaauuuuuuuuu laaaaggggiiiiii.. πŸ˜†

  6. Lapor!
    Dah dibaca nich lan, menjelang tidur, dah kayak baca dongeng sebelum tidur aja…
    Kalo kesana lagi, ajak2 donk lan…!

  7. @nAsruni:
    laporan diterima pak..!!
    hehe.. baca dongeng yang dibacain sendiri πŸ˜€
    siap pak.. di ajak aja kan?? πŸ˜†

  8. subhanallah udah ketemu nemo, aku kapan ya?
    udah gitu kemaren juga ada temen yang punya nemo di akuarium air laut.
    jadi pengen,,, πŸ˜†

    iya.. mba.. alhamdulillah udah ketemu nemo sama bapaknya.. πŸ˜€
    tapi bapaknya nemo gede sekali.. trus si nemonya kecil lucu..
    nemo di akuarium..?!? jadi inget sama temen.. dia melihara nemo di air biasa.. akhirnya mati πŸ˜₯
    kan kasian sama ikannya itu.. 😦
    kalo udah punya nemo kasih kabar ya mba?? πŸ˜†

  9. seru tuh kya’nyaa…

    seru banget sa.. πŸ˜€
    perlu dicoba..

  10. pgn kopdar disana

  11. good posting,,,

    jadi iri,,,,,

    “datang tag diundang
    pulang tag berkutang”

  12. waaaa πŸ™‚ serunya ^^ makasih dah share

  13. waaaaa dulu tuh..
    iya dulu waktu di kampung, paling seneng diving.. di gunung-gunung belakang rumah..!!

    jadi inget waktu dulu..

    senangnya..!!
    kapan mau lagi.?

  14. @antown:
    boleh..boleh…
    ikut ah,, πŸ˜€

    @nameeman:
    thanx,,
    tapi ga bermaksud membuat iri loch πŸ™‚
    😳 malu atuh kalo tag berkutang πŸ˜†

    @iman:
    makasih juga udah mampir πŸ˜€
    ini iman, barudak blogor yach??
    waaa.. senangnya.. kedatangan tamu dari blogor!!

    @falla:
    waa.. falla kayanya enak diving di gunung2..
    itu diving kan fall?? bukan hiking?? ❓
    kapan yach kesana lagi..?!?
    semoga secepatnya.. amin..

    • Ferdi
    • November 18th, 2008

    Iyya benaaaar. Seperti baca dongeng.. πŸ™‚
    Alih profesi jadi guru/ dosen saja, Kak.
    Tampak cocok. ;D

    * siapsiapkabuuuuuuuuuur………………..

  15. Loh Lan? diapain sm si Buddy?

    btw selamat ya udah pernah ngerasain indahnya karunia Allah di dalam laut.. Subhanallah.. pasti menyenangkan sekali..

    sampe saat ini saya ga berani nyemplung ke laut meski lengkap dgn alat2 selamnya, takut hihihihihi

    • ina
    • November 19th, 2008

    assalamu’alaykum wr wb

    Uwah.. ada namaku!!!!!

    Hoo.. hemmm… itu toh yg kamu maksud Lan.. TT____TT (sedih jadinya..)

    Oh iya Lan, apa Lani tau? kl terkena sengatan ubur2.. obatnya itu air cuka (aku lihat di animal planet) tapi ga tau juga deh bener apa ngga ^^;;

    Duh Lan.. iri aku sama cerita diatas.. saking irinya aku skip terus.. abis makin kepengen ‘nyemplung’ ke kali.. eh.. laut..

    lain kali.. ajak aku nyemplung ya lan.. biar ga sama si buddy lagi :p

    • ina
    • November 19th, 2008

    oh..katanya nama bapaknya nemo itu.. ‘Marlin’

    (*saking penasaran sampe nyari di gugel..ahahahaha…)

    • bayu200687
    • November 20th, 2008

    huhuhuhu…belum pernah ngrasain..pengeeennn…
    (apa bulan madu di pulau pramuka ajah yakz??? :mrgreen: )

  16. @ferdi:
    😈

    @mba ida:
    :mrgreen: ga diapa2in kok mba..
    harus coba diving mba.. pasti takutnya jadi hilang.. pas pertama lani juga takut, tapi alhamdulillah karna liat pemandangan yang indah, jadi mau lagi. πŸ˜€

    @mba ina:
    wa’alaykumsalam wr.wb.

    πŸ˜† yup.. that’s ur name..
    ow.. pake air cuka ya.. makasih info na mba.. πŸ˜€
    iya mba.. insyaAllah nanti kita nyemplungnya sama2 aja, biar mba ina jadi buddy lani.. okey..?? πŸ˜€
    oiya mba.. namanya Marlin..
    makasih udah diingetin.. πŸ™‚

    @bayu200687:
    good idea tuch bay.. honeymoon di pulau pramuka.. trus diving or snorkle berdua.. πŸ˜€
    wah.. sepertinya ada yang akan segera walimah.. πŸ˜†
    barakallahu..

    • agus
    • May 14th, 2009

    halo kenalkan

    • ENDAH LESTARI
    • February 20th, 2011

    pulau pramuka mmg nice place….tp sd skrg g berani snorkeling n diving…..phobia laut…

  17. kereeennn daaahh

  18. Masya Allah keren banget mas…

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: