sekelumit tentang bolu.. >_<

hmm.. bau nya harumm…

hari ini..  pagi2 berencana untuk bikin kue bolu, kebetulan lagi libur kuliah dan besok ada acara, jadi iseng-iseng menyalurkan hobi yang lain yaitu bikin kue.. 🙂

yak.. setelah sibuk browsing sana sini cari resep yang pas.. (pas dengan bahan yang ada dirumah) dan setelah sms nanya resep.. akhirnya membulatkan tekad untuk bikin.

hmm Bismillah.. jam dinding menunjukkan angka 11. walaupun agak sedikit ragu (karna males) untuk mulai.. akhirnya dimulai juga.. acara masak-masaknya.. karna dirumah lagi sendiri, jadi semuanya harus dipersiapkan.. biar ga repot.. jadi yang pertama dilakuin yaitu..

Bahan:

tepung terigu, gula, telur, sama mentega.

cara buat:

siapin dulu loyang yang udah di lumurin mentega dan tepung terigu.

setelah itu, panaskan mentega (+- 200gr).

sambil panasin mentega.. timbang gula seberat 200gr dan siapkan telur 4butir setelah di campurkan dan di mixer sampai putih (+- 20mnt)

setelah siap masukan tepung terigu (kalo tepung terigunya masukinnya kira2 aja.. kira2 kalo udah cukup ya udah.. jangan dimasukin lagi)

setelah tepung terigu.. masukan mentega cair yang tadi sudah dipanaskan.. (yang ini juga sekira2 nya aja.. kalo kira2 adonannya udah agak berubah warna, jangan ditambahin lagi)

kalo mau pake coklat.. tinggal tambahin coklat kokoa (kira2 juga)

setelah adonan siap, masukin ke loyang.. trus di panggang (+-20mnt) di ukur aj.. kalo misalnya udah 20 mnt, coba ditusuk pake tusuk gigi, kalo udah ga ada yang nempel di tusuk gigi, berarti udah matang..

yaa.. selesai..

kue bolu siap dihidangkan..

*catatan: resep diatas adalah resep kira2 ala Lani, boleh dicoba, tapi lebih baik ga. ^_^*

=================================================================

kembali ke judul..

setelah adonan yang lani bikin tadi di panggang.. akhirnya iseng lah.. bikin status baru di facebook.. “Kue bolu.. matang dengan sempurnya ya..!!” dan alhamdulillah.. pas diliat.. bolunya matang.. dan aromanya wangiii.. tapi ternyata.. setelah di liat2 lagi agak lama, udah lumayan dingin bolunya.. ternyata atasnya agak kurang matang.. walaupun masih enak dimakan.. akhirnya.. sifat sok tau-nya muncul.. hmm dalam hati mikir.. kalo di panggang lagi mungkin tambah enak..

yup.. akhirnya lani panggang lagi bolu itu.. tapi ternyataaaa… karna keasyikan browsing dan baca blog sana sini.. sampe lupa kalo lagi panggang ulang bolu. sampe2 kecium aroma-aroma yang lumayan sedap (baca: sedikit gosong) baru sadar kalo lagi panggang bolu.. dan hasilnya…

bolu yang di panggang agak HITAM.. >_<

yaa.. minta maaf untuk Icha.. kalo cuma bisa pamerin tapi ga ngasih.. 🙂

#mba ina.. ini hasil bolunya.. kabar terakhir.. pas mb ina tidur siang adalah.. bolunya agak sedikit gosong.. 😀

Advertisements
    • harumhutan
    • January 15th, 2010

    futuna nda ada?kan pen liat yan9 9oson9nya :mrgreen:

    hebat bisa bikin kue….

    hemm..pantesan kmaren aroma wan9i blu yan9 harum nyampe ke hutan,ju9a bau 9oson9nya 😛 hahaha..

    *aku nda isa bikin kue*

  1. assalamu’alaykum warohmatullahi wabarokaatuh

    Heeeeeeee… gosoooong????? wah.. apa karna aku tidur ya? jadi gosong kuenya?? T___T hiks

  2. yang gosongnya ga keburu di foto, karna udah langsung dipotong.. 😀

  3. Nampak menggoda hmmm mau dong Lan dikirim ke Depok ^^

  4. saya kepengen makan bolu ^^
    mampir ke blog saya juga ya teman^^

    • Mutiara Aisyah
    • February 13th, 2010

    haha..udh bagus bs buat itu, aku blm bs buat kue bolu. emg blm pernah buat. biasanya buat kue keju. halah..

    klo resep gagal, ada ganti rugi berarti yah? *orang ekonom nih..!

    di kirim yah..ke pasming, mau icip-icip nih.

  5. wah QK biasa membuat bolu kek gitu…
    QK biasa sebutnya roti panggang hehe :mrgreen:
    salam kenal..

    HIDUP!!! ^_^

  6. terigunya kira2 brp terus panasnya klo di oven listrik brp derajat celcius?

  7. Usahakan bisa ngeblog dan aktif lagi, ukhti. Biar bisa rame nih dunia para wordpress…

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: