Thifan Po Khan

Thifan adalah nama suatu daerah di Negeri Turkistan Timur, daerah jajahan China yang kemudian diganti namanya menjadi Sin Kiang, yang artinya Negeri Baru. Namun kalau kita simak dalam peta dunia, yang akan kita temukan adalah nama Turfan, daerah otonomi yang termasuk dalam wilayah China Utara.
Dakwah Islam mulai disebarkan di Turkistan kira-kira pada dua abad setelah hijriah. Dari sinilah dimulainya awal orang Muslim datang ke Tiongkok di zaman pemerintahan Tai Tsung. Adalah Saad bin Abi Waqqas, yang meletakkan batu-batu pertama mesjid Kanton yang terkenal sekarang sebagai Wai-Shin-Zi, yaitu Mesjid untuk kenang-kenangan kepada Nabi.
Interaksi antara dakwah Islam dengan tumbuhnya berbagai macam beladiri di kawasan China, sehingga terjadi pula Islamisasi beladiri. Sesuai dengan bahasa Urwun yang merupakan bahasa asalnya, Thifan Po khan berarti “Kepalan Tangan Bangsawan Thifan”. Beladiri ini mempunyai riwayat tersendiri yang khas sebagaimana diceritakan dalam kitab yang bernama Zhodam.

Itu sedikit dari sejarah awal Thifan Po khan. lebih jelasnya bisa dilihat disini.

Dari tulisan diatas, udah pada bisa nebak kan apa itu Thifan Po khan?? Yup.. Thifan Po khan itu sejenis beladiri, semacam kungfu. Tapi kungfu disini adalah kungfu yang Islami, tidak ada syirik, tidak ada maksiat, menjaga fitrah manusia dan tidak menyerupai orang kafir. (sumber:thifanpokhan.tripod.com)

Alhamdulillah saya udah ikut latihan thifan selama 2 minggu dan udah dapat 3 jurus. Walaupun harus latihan malam hari dan pulang kerumah naik motor sendiri dan pas orang-orang udah pada tidur, tapi ada rasa kepuasan sendiri untuk saya πŸ™‚ . Menyalurkan hobi saya yang lain, yaitu beladiri. πŸ˜€ (Dulu pernah ikut latihan tae-kwondo tapi cuma sampe sabuk kuning). Latihannya setiap hari senin jam 8 malam di GTA, Depok. kalau ada yang mo ikut, kata ustadznya boleh qo.. datang aja langsung, tapi kalo bisa konfirmasi dulu πŸ™‚ .

Kenapa saya pilih Thifan? Yang pertama menyalurkan hobi dan diizinin sama orang tua. trus.. InsyaAllah ini beladiri yang sesuai syar’iat Islam, karna kan kalo beladiri yang lain, terkadang ada unsur2 syirik-nya, dikasih ajian ini itu, belum lagi kalo harus puasa. dah gitu.. latihannya dipisah antara ikhwan (laki-laki) dan akhwat (perempuan). Trus, kalo ga salah.. jurus yang diajarin antara ikhwan dan akhwat ini beda. Lebih halus untuk yang akhwat. Dah gitu, pas pasang kuda-kuda, tangan kita tidak terkepal, tapi terbuka. Beda sama beladiri yang lain. Oya.. hampir lupa, setiap pemanasan, latihan dan pendinginan, selalu dimulai dari kanan. Ga lupa di awal latihan kita juga berdoa.

hehe.. akhwat suka sama beladiri.. kayanya ga ada yang salah.. apalagi, beladirinya sesuai syar’i.

Advertisements
  1. Wah, lani ikut tifan…
    Mmm… Bagus bagus… πŸ˜†

    • ariefdjβ„’
    • November 4th, 2008

    Hehe..latihane yang tabah dan konsisten ya..baru 2 minggu ya, kirain udah 12 tahun.. πŸ˜€

  2. lom pernah liat lan :D.

  3. wuuu..ade daku neeh man9 hebat..ajarain kaka dunks,bole lah masih 3 jurus,ka masih diki jadi nanti bisa baren92 hehhe.

    haaaiiittt..je9err…hehhehhe….
    so wat kamu para lelaki y9 badun9 ati2 yakh ma lany,bisa di watawwwww…..:)

    de’ da kaka’ pajan9 awardnya maksih ya..
    ati2 klu pulan9 malem meski suda punya jurus…semo9a allah selalu melindun9imu,amien

  4. apaaan tuh ?

  5. Cie… Tifan ners..
    xixixixi.. Betul atau tidak ada istilah seperti itu, ya?! πŸ˜€

    Mau ikut, nee..
    Tapi.. kapan ya?
    Btw, selamad, ya, uda dapat award ni, c “layanglayang”. Hebad!!! πŸ™‚

    -ok, aware kok, ini salah postingan ucapin congrate’a, tapi, still.. :p

    Keep up the good work, ya! And, postingnya yang rajin, ya! ;D

  6. baru denger nih ada beladiri namanya Thifan, kirain td nama judul buku ato film :mrgreen:

    wah berarti kl ketemu Lani bisa diajarin ilmu beladirinya yaaaa

  7. menarik juga sejarahnya. Panda lebih suka main bola πŸ˜€

  8. aku dah lama gak latihan
    badan jadi lembek nih πŸ™‚

  9. seumur hidup penah lan baru sekali aku ikut latihan beladiri..
    kapoknya pas abis kena tendangan di wajah..
    ckckckckkckck
    sakit itu…

    • Daiichi
    • November 8th, 2008

    Go akhwat.. Ternyata dalam Islam Akhwat sama pentingnya dengan Ikhwan..
    Semakin dekat dengan yang Syar’i.. Semakin Baik

    • ILYAS ASIA
    • November 8th, 2008

    bagaimana kalau nanti kita adu jurus
    saya suka kung fu

  10. keren.. keren..
    ikutan beladiri….
    baidewe didaerah jasmin ada gak ya..?

  11. Assalamu’alaykum wr wb

    A…APAAAA??!! A..ADIKKU YG MUNGIL INI I..IIKUT BELADIRI!!!!

    A..AKU… GA RELAAA…

    *maaf.. hiperbolism lagi kambuh..

  12. informatif….

    nice post

    salam

    • enday
    • November 26th, 2008

    untuk akhwat latihannya namanya syirulgrul atau banetin. tangan posisi kuda-kuda tidak harus terbuka tertutup juga boleh tergantung kita mau pakai yang mana …… (sebagai koreksi)

    makasih info na.. πŸ˜€
    mohon dimaklumi.. baru belajar..
    enday juga latihan thifan ya?? dimana??
    waaa… pasti udah hebat yach.. πŸ˜€
    kita latihan bareng yukzz..

    • duniabaruku
    • December 3rd, 2008

    hah???
    kalau dibanding dengan ninjutsu gimana? Teman-teman saya memang kebanyakan latihan di thi fan. Tapi saya sendiri lebih ke ninjutsu…niar beda githu..he..he…nggak lucu kalau ketemu jurusnya sama.

  13. @duniabaruku:
    waduh.. ninjutsu ya?!? ga tau juga.. πŸ˜€
    pas ketemu jadi bisa tukeran jurus ya?? πŸ™‚

  14. Kalo thifan buat akhwat di sekitar Ciputat ato Ragunan ada gak ya? Bisnya aku tinggalnya di Ciputat. Dsini (kampusku) juga ada thifan, tapi buat ikhwan doang). Tlg balesnya ke emailku juga ya…
    Jazakillah…

    • almek
    • February 18th, 2010

    jarang lho ada ketangkasan bela diri yang berasal dari masyarakat muslim.di daerah2 arab sendiri saya belum mengetahui apa ada system ketangkasan kembang.Kalau taian kali banyak.

    • Rahma
    • September 21st, 2010

    Wah saya pngen ikutan bela diri,tertarik ikutan thifan.ada gak ya di jogjakarta?

    • di jogja belum ada mba.. πŸ˜€

      jogjanya dimana?? beberapa bulan lalu.. aku juga tinggal di jogja selama 3bln.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Advertisements
%d bloggers like this: